Selamat datang di blognya Cak Rohman Mojokerto
"(ALLAH) YANG MENCIPTAKAN MATI DAN HIDUP UNTUK MENGUJI KAMU SIAPAKAH DIANTARA KAMU YANG PALING BAIK AMALNYA, ......"(Al-Mulk, 67:2)

14 Mar 2009

Luna Maya Menghina Orang Indonesia

Siapa yang tidak tahu artis yang satu ini, Luna Maya dengan parasnya, iklan yang dibintanginya, banyak acara yang dipandunya dan hampir semua Tv sudah pernah menampilkan wajahnya yang tanpa permisi masuk ke rumah-rumah setiap saat dan setiap waktu. Namun dibalik kepopulerannya, ternyata Luna Maya membintangi salah satu iklan yang di dalamnya menghina manusia Indonesia.

Coba kita simak lebih jeli tentang kata-kata "Tuh, Bule aja doyan" yang disampaikan orang cantik itu pada iklan produk kopi. Secara tidak langsung kata-kata tersebut dapat diterjemahkan bahwa "Kalau orang bule saja doyan, kenapa orang Indonesia tidak mau". Lebih jauh lagi, ini merupakan pencantuman status dengan maksud meninggikan orang barat dan merendahkan orang Indonesia dibanding dengan barat.

Kesalahan sebenarnya bukan pada Luna Maya sebagai bintang iklan, tapi sepenuhnya merupakan tanggung jawab dari pemilik produk tersebut. Luna maya hanya orang yang dirasa perlu dan mampu mempengaruhi serta memasyarakatkan produk tersebut, dan ujungnya adalah keuntungan besar dari laba penjualan produk jika pemesannya juga semakin bertambah banyak.Tapi jika ada kesadaran, artis-pun setidaknya dapat memilih mana yang dapat membawa keuntungan tapi juga berperan terhadap kemajuan bangsa ini.

Bagiku, sudah saatnya iklan-iklan yang anti nasionalisme, rasis, menghina bangsa sendiri sebagai bangsa yang bermartabat seperti ini dihilangkan dari pengetahuan publik masyarakat Indonesia. Masak gara-gara kopi secangkir saja, kita sudah merendahkan jati diri sebagai bangsa Indonesaia. wallahu 'alam

7 komentar:

Alim Mahdi mengatakan...

Wah, baru ngeh ya.... memang perasaan kemaren2 pas lihat iklan itu ada yang aneh gitu!

utop mengatakan...

ah...... anda mungkin sedang sensitif aja nih ?, dalam dunia periklanan, kalimat seperti itu kan cuma jargon aja bung, sama kayak iklan pemilu, malah lebih memalukan...... seperti pembodohan bangsa hehehe......... salam kenal...

MQ Hidayat mengatakan...

Semakin mengenaskan saja.
Justru iklan yg penuh dengan kreatifitas itu iklan rokok.
Yang lain, kalo gak saling menjatuhkan ya menjual kecantikan si model.

tristy mengatakan...

emang bener waktu luna maya marah sama wartawan ("yang ga ada itu ga usah diada-adain").
sifat buruk orang itu biasanya selalu mencari-cari kesalahan orang,,
bersikaplah bijak

business solution 2009 mengatakan...

iy sih lagian bule aja doyan itu cuma nilai tambah produk aja tapi sbnrnya kalo dicermatin lagi itu sebuah ajakan ayo beli kopi ini....

kalo sekiranya web master g suka mending bikin produk sendiri terus di jual di luar,soalnya ini masalah pesan yang disampaikan itulah knp kita harus kreatif di dunia moderen ini karena pengaruh" dari luar itu banyak maka kita juga harus memilah" apa yg kita percayai jgn sampe kita orang timur terlalu bertingkah kebaratan tapi kita juga harus tanamkan di alam bawah sadar kalo budaya kita itu timur....
:)
semoga opini ini diterima thx

Anonim mengatakan...

saya setuju dengan post di atas saya. iklan itu menurut saya biasa aja kok. bukan berarti "bule aja doyan" itu merendahkan bangsa sendiri. mungkin anda aja yang lagi sensitif. maksud nya ya bukan seperti itu lah..

aleya mengatakan...

lebay deh org yg bikin tulisan ini.

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Belajar Bisnis Internet

 

Pengikut

Komentar Terbaru