Selamat datang di blognya Cak Rohman Mojokerto
"(ALLAH) YANG MENCIPTAKAN MATI DAN HIDUP UNTUK MENGUJI KAMU SIAPAKAH DIANTARA KAMU YANG PALING BAIK AMALNYA, ......"(Al-Mulk, 67:2)

21 Jul 2008

Mesin pencari yang Lain

Sipa yang tidak menggunakan jasa Search Engine (mesin pencari) saat menggunakan internet?. Mungkin ada tapi sangat kecil, dan juga rugi jika tidak menggunakan fasilitas ini. Karena banyaknya situs di internet, pencarian situs sangat dimudahkan dengan adanya search engine. Kalau yang popule seperti Google, Yahoo, Windows Live dan Ask sudah sering kita dengar dan gunakan, namun ada lagi beberapa mesin pencari yang mungkin asing bagi anda yang perlu dicoba:

1. Exalead
Exalead
Exalead adalah salah satu pencari yang paling customizable dan dapat diandalkan. Selain memiliki fitur seperti pencarian blog, video, Wikipedia, komersil, non-komersil, audio, RSS, dan lainnya, ia juga memungkinkan Anda melakukan sejumlah penyesuaian untuk meningkatkan akurasi pencarian Anda.

Sebagai contoh, apabila mengetik "Physics" di kotak pencarian Exalead, mereka akan menampilkan beberapa opsi di sidebar hasil pencarian yang memungkinkan Anda untuk memilih kategori yang lebih spesifik seperti "Theoritical Physics" atau "High Energy Physics."

2. Searchmash

Searchmash adalah cara pencarian yang baru dan keren. Seperti Exalead, Searchmash memiliki sejumlah cara untuk customization dan mendapatkan hasil pencarian sesuai kemauan Anda. Saat Anda mencari sesuatu, sama seperti Exalead, ada sidebar yang memberikan Anda pilihan untuk mencari gambar, blog, video, dan Wikipedia.

Baru-baru ini mereka bahkan menambahkan versi Searchmash dalam format Flash yang lebih canggih lagi.

3. Scirus

Scirus adalah mensin pencari khusus untuk ilmu pengetahuan. Ia mencari informasi mengenai ilmu pengetahuan. Sama seperti Exalead dan Searchmash, Scirus menambahkan sidebar yang menyaring hasil hasil pencarian untuk akurasi maksimal. Mereka memberikan rekomendasi pencarian, kemampuan untuk melakukan pencarian di situs lain yang berhubungan dengan kata kunci Anda dan kemampuan untuk menyimpan, email atau melakukan export situs. Fitur lain yang sangat berguna adalah pencarian file berdasarkan tipe, seperti HTML, PDF, Word, PS, PPT, TeX.

4. FinQoo

FinQoo adalah sebuah mesin pencari META tag. Walaupun mirip dengan Yahoo dan Google, FinQoo menambahkan tipe pencarian ini ke dalam mesin pencari yang lebih baru. Salah satu fitur yang dimiliki oleh FinQoo adalah "Quick View" untuk menampilkan situs hasil pencarian dalam halaman yang sama.

5. ChaCha


ChaCha adalah mesin pencarian yang diperkuat manusia. Ia mengintegrasikan cara-cara pencarian tradisional dengan layanan pencarian melalui telepon. ChaCha memiliki fitur baru untuk menjawab pencarian Anda melalui ponsel (Apabila berada di Amerika). Anda dapat bertanya melalui telepon (18002CHACHA) atau SMS (242242) dan ChaCha akan mengirimkan jawabannya dalam 1 atau 2 menit.

Silahkan dicoba..!!
Sumber:http://www.makeuseof.com/tag/another-five-unheard-of-search-engines/

2 komentar:

jemiro mengatakan...

wah, kalau exalead saya tahu.. itu SE favorit saya, susah untuk terindex disana :p untungnya blog saya sudah index :) hehehe
tapi kalau yang lain baru tahu, thx share infonya :)

wyd mengatakan...

jumlah halaman yang terindeks exalead tidak sebanyak google ya?. Gimana caranya biar banyak halaman terindeks exalead?

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Belajar Bisnis Internet

 

Pengikut

Komentar Terbaru