Selamat datang di blognya Cak Rohman Mojokerto
"(ALLAH) YANG MENCIPTAKAN MATI DAN HIDUP UNTUK MENGUJI KAMU SIAPAKAH DIANTARA KAMU YANG PALING BAIK AMALNYA, ......"(Al-Mulk, 67:2)

24 Jul 2007

Kenapa ada itik mojosari ?

Nama kec. Mojosari mojokerto terabadikan dalam jenis nama itik yaitu itik Mojosari. Ternak itik Mojosari merupakan salah satu ternak lokal Indonesia berasal dari jenis itik Jawa , dikenal dan dipelihara oleh penduduk di wilayah kecamatan Mojosari, lebih spesifiknya lagi dari desa Modopuro Mojosari Mojokerto. Saat ini itik Mojosari telah tersebar di wilayah Indonesia.

Kalau mau tahu apa itu Itik mojosari, berikut penjelasannya:
PLASMA NUTFAH : I T I K


Klasifikasi Taksonomi :

Kingdom : Animalia
Phylum : Chordata
Sub phylum :Vertebrata
Class :Aves
Ordo :Anseriformes

Famili :Anatidae
Genus :Anas
Spesies :Anas platyrhynchos

Sejarah Itik di Indonesia Pada umumnya itik yang ada di Indonesia saat ini merupakan domestikasi dari itik liar/mallard keturunan Indian Runner. Hal ini didasarkan pada itik-itik yang dikenali sekarang memiliki “sex feather” yaitu beberapa helai bulu pada ekor itik jantan yang mencuat ke atas seperti itik Mallard. Bila itik Mallard disilangkan dengan jenis iti
k liar lain yang tidak memiliki “sex feather” dan kemudian F1-nya dikawinkan kembali dengan itik liar “non sex feather”, maka keturunannya akan cenderung kehilangan bulu spesifik itu. Namun ternyata itik domestik yang ada di Indonesia mampu bertahan dengan bulu “sex feather” tersebut (Srigandono, 1997). Keunggulan itik dibandingkan unggas lainnya adalah mempunyai daya adaptasi yang tinggi pada lingkungan yang baru sehingga itik mampu berkembang hampir di seluruh wilayah Indonesia. Pemberian nama itik biasanya disesuaikan dengan lokasi/tempat pengembangannya.

Nama umum : Itik Mojosari
Ciri spesifik: Warna bulu coklat kemerahan dengan beberapa variasi baik jantan maupun betina. Itik Mojosari jantan memiliki beberapa helai bulu ekor yang melengkung ke atas, warna kaki dan paruhnya lebih hitam daripada itik Mojosari betina. Warna bulu itik jantan lebih hitam daripada betina terutama di bagian kepala, leher, dada, dan ekor.

Nama umum : Itik Mojosari Putih

Ciri spesifik: Warna bulu putih mulus tanpa variasi baik jantan maupun betina, dengan kaki dan paruh berwarna kuning.


Dalam perkembanganya sekarang ada itik ITIK MA (Mojosari x Alibio), yang dari namanya saja sudah dapat diduga yaitu campuran dari jenis itik Mojosari dan Alabio. Lebih jelasnya klik di sini.

Sumber:

http://peternakan.litbang.deptan.go.id/index.php?option=com_content1&task=category&sectionid=5&id=41&Itemid=251&Itemid=251


0 komentar:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Belajar Bisnis Internet

 

Pengikut

Komentar Terbaru