Selamat datang di blognya Cak Rohman Mojokerto
"(ALLAH) YANG MENCIPTAKAN MATI DAN HIDUP UNTUK MENGUJI KAMU SIAPAKAH DIANTARA KAMU YANG PALING BAIK AMALNYA, ......"(Al-Mulk, 67:2)

15 Jun 2007

Memaksimalkan penggunaan Google

Diakui semua orang seluruh dunia bahwa google adalah situs search engine yang terpopuler di seluruh dunia. Google digunakan sebagai salah satu mesin pencari untuk mencari informasi yang tepat dan akurat. Pencarian informasi secara akurat, sesuai dengan keinginan kita. Yang biasa kita lakukan adalah dengan mengetikkan Key Word kemudian tekan enter. Tidak hanya itu, tapi sebenarnya google telah memudahkan kita untuk mencari. Berikut adalah macem-macem perintah yang terdapat di dalam google. Ini hasil yang telah aku pelajari dari orang lain juga :

1. Ketikkan “Key Word” disertai tanda kutip, maka google akan menampilkan semua web yang mengandung kata kunci yang kita maksud sesuai dengan susunan katanya. Contoh: ketikkan “Aunur Rohman”, maka yang keluar bukan kata “Aunur” dan “Rohman” secara terpisah, tapi “Aunur Rohman” secara tersambung. Lebih jelasnya bisa dicoba dibedakan antara yang diberi dan tidak dikasih tanda petik.

2. Jika ingin mencari judul page dari web yang sesuai dengan keinginan kita, maka ketikkan ”intitle:judul yang anda cari”. Contoh “ intitle: pengertian iman“ (tanpa tanda kutip). Pencarian akan mencari page yang mengandung kata “ pengertian “ sebagai judulnya dengan prioritas utama “Iman” . Jika ingin mencari kedua kata “pengertian iman” yang termuat dalam judul, maka ketikkan “allintitle: Pengertian Iman”. Maka pencarian akan dibatasi pada dua subjek utama judul yaitu “Pengertian” dan “Iman”.

3. JIka ingin mencari suatu topic yang ada pada suatu situs atau domain maka ketikkan “site:”. Contoh : mencari design web di situs ilmukomputer.com, maka “design web:ilmukomputer.com” (tanpa tanda kutip).

4. Jika ingin membatas pencarian hanya pada URL yang mengandung key word yang kita inginkan, maka ketikkan “inurl:key word”. Sperti halnya no.1, jika terdapat dua query pencarian utama, digunakan sintaks “allinurl:” untuk mendapatkan list url tersebut.

5. Jika ingin mencari sesuatu disertai dengan file yang kita inginkan, maka ketikkan “filetype:ekstensifile”. Contoh: mencari tentang “pengertian iman” yang tertulis dalam dokumen word, maka ketikkan ““pengertian iman” filetype:doc” (tanpa tanda kutip). Pencarian akan menghasilkan file data dengan ekstensi “.doc” yang mengandung kata “pengertian iman”.

6. Jika ingin mencari daftar link yang termuat dalam webpage, maka ketikkan“link:namalink”. Contoh: “link:mojokerto-blog.blogspot.com”, maka google akan menampilkan semua webpage yang memiliki link mojokerto-blog.blogspot.com.

7. Jika ingin mencari webpage yang serupa dengan yang kita inginkan, maka ketikan “related:alamatweb”. Contoh: “related:www.ilmukomputer.com”, pencarian akan memberi daftar web page yang serupa dengan homepage ilmukomputer.

Mungkin ini sebagian dari yang aku ketahui tentang pencarian di google. Selamat ber-Searching ria. Jangan ragu-ragu menggunakannya. Gunakan google sebagaimana mestinya. Sangat rugi jika untuk yang kurang atau tidak bermanfaat. Makasih

1 komentar:

APX mengatakan...

perlu banyak belajar neh...tks kawan

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Belajar Bisnis Internet

 

Pengikut

Komentar Terbaru