Selamat datang di blognya Cak Rohman Mojokerto
"(ALLAH) YANG MENCIPTAKAN MATI DAN HIDUP UNTUK MENGUJI KAMU SIAPAKAH DIANTARA KAMU YANG PALING BAIK AMALNYA, ......"(Al-Mulk, 67:2)

1 Jul 2009

Stop Dreaming Start Action

Tulisan Stop Dreaming Start Action ini bukan semata untuk meramaikan kontes SEO yang diadakan oleh Cak Joko Susilo, tapi dari sisi lain merupakan bahan motivasi yang sangat bagus buat bangsa ini untuk memperbaiki diri menjadi bangsa yang lebih mandiri dengan kekuatan sumber daya manusia yang jauh lebih bisa diandalkan. Meskipun bermula dari bermimpi, tapi dengan tindakan yang nyata dan istiqomah, maka dapat lahirlah bangsa yang kuat.

Langsung saja berbicara sesuai dengan apa yang saya pahami dan akan saya angkat di sini terkait dengan tema stop dreaming start action yang sedang kita bahas.

Stop Dreaming Start ActionMajapahit adalah kerajaan fenomenal di negeri ini. Bahkan sejarah mencatatnya sebagai kerajaan terbesar yang kekuasaannya hampir meliputi asia tenggara. Masa kejayaan Mojopahit tidak terlepas dari peran patih Gajah Mada. Seorang yang berperan sangat besar dan hingga kini namanya diabadikan dalam banyak hal termasuk Universitas terkemuka di Indonesia yaitu di Jogja. Jelas peran Mahapatih bukan talk only atau dreaming semata, tapi ada keberanian dan nyata dalam action. Secara tidak langsung dia termasuk contoh yang baik dalam sikap Stop Dreaming Start Action. Secara tidak langsung, itulah teladan bahwa dunia ini perlu action / tindakan yang nyata, bukan hanya sekedar mimpi/Dreaming only untuk menjadi besar.

Mojokerto dan Mojopahit seperti kata yang tidak dapat dipisahkan keduanya. Mojopahit atau Majapahit adalah kerajaan yang berdiri tegak di wilayah sekitar Mojokerto (sekarang). Untuk mengetahui lebih dalam bagaimana sifat-sifat Gajah Mada sehingga dia lebih dikenal menjadi ikonnya Majapahit dari pada rajanya sendiri. Berikut diantara 10 sifat beliau yang dari beberapa blog dikutip dari (pusakan Indonesia, orang-0rang besar tanah air tamar djaja,1951, kementrian pendidikan, pengajaran dan kebudayaan republik Indonesia)

Mantriwira, yaitu sifat seorang pembela negara yang selalu berani tidak berhingga. Keberanian Gajahmada memang ternyata dalam bermacam-macam perjuangan. Gajahmada tidak takut berbuat salah, atas yakin bergerak atas kebersihan tujuan negara. Dalam peperangan ia berjasa sebagai prajurit, baik dilaut maupun di darat.

Wicaksaneng naya, yaitu kebijaksanaan dalam segala tindakan. Kebijaksanaan ini selalu kelihatan dalam perhubungan Gajahmada dengan lawan dan kawan, baik bangsawan maupun rakyat jelata. Kebijaksanaan memberikan kesempatan kepada gajahmada melakukan beberapa cita-cita politik dan merapatkan perhubungan dengan segala pegawai tinggi dan pahlawan-pahlawan dalam negara.

Matanggwan, artinya menjadi kepercayaan.

Dhirotsaha, selalu bekerja rajin dan bersungguh-sungguh serta keteguhan hati. di dalam hati yang teguh, kelihatan pula keberanian dan kesetiaan

Tan lalana, selalu bersifat gembira dan jikalau bersedih hati maka dia tidak membutuhkan hiburan dari luar.selalu dia melihatkan sikap yang bangun tegak dan selalu bertindak lekas

Dari sebagian sifat ketangguhan gajahmada tersebut kita dapat mengambil pelajaran. Bahwa sebenarnya motivasi terbesar untuk berhasil dalam kehidupan bukan dari orang lain, melainkan dari diri sendiri. Kesuksesan mencapai cita-cita itu bibitnya ada pada diri yang penuh semangat untuk memulai action. Bagaimana dia seorang mantriwira pembela berani, dhirostaha bekerja rajin dan bersunguh-sungguh serta keteguhan hati, dan tan lalana selalu membingkai diri dalam kebahagiaan dalam melaksanakan sesuatu.

Oleh karenanya stop dreaming dan start action mulai dari sekarang. Sehingga kemudian kita akan mendapatkan sesuatu yang special dari kehidupan ini.

Akhirnya perlu ditekankan kembali bahwa ada makna besar sekaligus Pengtingnya Stop Dreaming Starat Action. Kemudian kita terapkan tidak hanya dalam hidup kita senditi, tapi juga meliputi keluarga dan lingkungan.

Selamat buat temen-teman yang ikut dalam kontes SEO, semoga tidak hanya akan banyak lahir pakar-pakar motivator, tapi juga pakar-pakar pelaksana atau action, dan akan selalu konsisten dengan stop dreaming start action. Salam dari Mojokerto !

32 komentar:

muis mengatakan...

Aku memang bukan orang Mojokerto, makanya teladan yang dapat aku ambil bukan dari segi ketokohan yang ada dalam majapahit itu sdr............ yang dapat aku ambil mungkin lebih ke arah aspek regionalisme arsitektur yang mungkin bida diwujudkan dalam spirit maupun local wisdomnya (kesetempatannya). secara aku mahasiswa arsitektur gitu..........................

Anonim mengatakan...

sejak sy mengenal bung rohman ini memang sy melihat bahwa nalar filsafatnya memang berkembang dgn baik,jd tdk heran jika tulisan diatas sgt berkualitas..smoga bs menjdi masukan yg bgs buat smuanya..

hpnugroho mengatakan...

hebat...sejarawan sejati nih ....:)
sukses mas...

Fuad mengatakan...

ok mas, bagus artikelnya.dapat dari mna nie???
dpt dari Copy atau buat ndiri???

moga sukses n menang ya. bagi2 juga y hadiahnya..

wkwkwk

A. Rohman mengatakan...

@ nugroho, Bukan sejarawan tapi politikus sejati. walah
@ Fuad, wah bahasanya rek, itu buat sendiri tapi pake referensi kalau yang bicara majapahitnya.
yang jelas aku tidak dapat dari pasangan capres dan cawapres. lho kok ngelantur

irfan efendi mengatakan...

bagus lah mas tapi ada referensinya gak sep :D

fauzi mengatakan...

Gajahmada sangat fenomenal. Nmaun simbol wilayah adalah bagian rasisme yang berafiliasi dalam kesejarahan lama. Mengambil nilai2, seperti sahabat rohman merupakan Jalan bijak yang patut untuk kita pelajari. Bagus artikelnya, selamat.

Cak Sun... Belajar SEO mengatakan...

Cak Rahman, satu lagi,...

Onde-Onde-ne Durung, hahahaaaa...........

salam kenal dari sby,.....

cinema3satu ™ mengatakan...

Cak rahmat salam kenal, artikelnya bagus

Stop Dreaming Start Action mengatakan...

mksh semua
itu hanya mengambil inspirasi saja, mungkin baik juga buat Bapak-bapak, iBu-ibu dan semua KPU, KPK, POLISI, Jaksa, DPR dan pemerintah ayo semua tidak hanya bermimpi tapi bekerja
buat JK-WIranto, buat SBY Budiono dan buat Mega Pro, ni baik lho buat semangat bekerja
jangan dreaming melulu
Tidak lupa juga pada guru, siwa lama dan siswa baru, mahasiswa, dll, segera action dan lebih cepat lebih baik
ha ha ha

kang tatang mengatakan...

Wah.. asyik nich.. saya paling suka baca hal-hal seperti ini jadi lebih mengetahui tentang sejarah kita sendiri.

kangtatang

susy mengatakan...

yang penting adlah kita jgn hanya terlena dengan sejarah,sebagai generasi penerus, tugas kita adalah menjadikan hari esok harus lebih baik dari yang dulu2... mencontoh sifat2 gajah mada dan stop dreaming and start action dari skrng!!!

irfan mengatakan...

MERDEKA KERAJAAN MAJAPAHIT
SUMMATA AJIKU JARAN GOYANG, NYEBET GONONG AMBROK, NYEBET SEGORO ASAT, SAAAAAT!!!!!.....

stop dreaming start action mengatakan...

orang mojokerto emang keren!

Stop Dreaming Start Action mengatakan...

budaya majapahit dulu emang layak di tiru apalagi gajah mada, salut

arif tbn mengatakan...

ditengah2 krisis kepercayaan,krisis kepemimpinan dan teladan, sudah menjadi keharusan mengali potensi diri,merefleksi budaya sendiri adalah suatu keniscayaan yang tidak bisa ditawar2...kita bisa maju dan beradap karena kita bisa belajar pada diri kita,pada diri para pendahulu kita dan yang pasti kita bisa berdaulat disegala lini kehidupan aq pikir itu yang paling fundamental...siip

Anonim mengatakan...

Majapahit tuh gak ada apa2nya dibanding Padjadjaran, bro! Raden Wijaya yang menjadi pendiri kerajaan Majapahit adalah keturunan Pajajaran dari Dyah Singamurti atau Dyah Lembu Tal yang bersuamikan Rakean Jayadarma menantu Mahisa Campaka.

Gadjah mada mesti bikin strategi licik biar ngalahin Padjadjaran. Ceritanya mau acara nikahan, eh tau2nya bawa senjata segala...Inget kan perang Bubat? Coba kenapa di Bandung gak ada yg namanya jalan Gadjah Mada? Kamu keliling2 kota Bandung atau provinsi Jawa Barat sekalian, gak bakalan nemu tuh Jalan Gadjah Mada! Jawab cendili aja dech...

btw, sy suka desain blognya.

pro234.com mengatakan...

keren juga artikel nya mas, tentang mojopahit ikut kontes.

maju trus mas, kalau masih butuh dukungan dummy, ni ada hosting plus domain gratis, asli gratis dah...buat sapa aja

Dendy mengatakan...

selamat berjuang mas, moga2 menang. Saya juga lagi berjuang di kontes kenali dan kunjungi objek wisata di pandeglang

moratmarit mengatakan...

Ayo kang pindah ke Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang moratmarit, lumayan lho..:)

RIZKI mengatakan...

iya nie mas...
kan lumayan hadiah kontes Kenali dan Kunjungi Objek Wisata di Pandeglang
ini..
ayo ikutan...

Wanda Tips mengatakan...

saat ini pengetahuan bukan lagi modal yang utama tapi modal utama adalah START ACTION sekarang juga

Program kasir mengatakan...

Sejarah di Indonesia sangat bnyak selain kisah kerajaan majapahit ...
Kita sebagai orang yang susah tau (dewasa) ;;) bisa memberikan pengetahuan ini kepada anak-anak kita atau murid-murid kita, agar mereka tahu bermacam-macam sejarah yang pernah di alami bangsa Indonesia ini.. :D

Faisol mengatakan...

mantap nie,,,lam kenal ya..

Pesona Danau Ranau mengatakan...

Hidup Gajah mada

Sewa Mobil Bali mengatakan...

selamat berkunjung ya semoga sukses....

Chef Lamanda mengatakan...

selamat berjuang.. :)

sewa mobil di bali mengatakan...

thanks to info,,,,yang penting adlah kita jgn hanya terlena dengan sejarah,sebagai generasi penerus, tugas kita adalah menjadikan hari esok harus lebih baik dari yang dulu2... mencontoh sifat2 gajah mada dan stop dreaming and start action dari skrng!!!!!!

Bali Sewa Mobil mengatakan...

Mahapatih Gajah Mada, seorang yang benar 2 berjasa mempersatukan nusantara yang terpisah oleh lautan, tapi sekarang, rasa nasionalisme bangsa ini telah mulai luntur, makanya kita sering di remehkan oleh negara tetanga...bersatulah Indonesia Ku.......

Bali Car Rent mengatakan...

Yang saya dengar warna bendera Kita Merah Putih, sama seperti warna bendera kerajaan Majapahit...ada yang tahu enga?

Sewa Mobil Bandung mengatakan...

impian manjadi pemacu untuk kita bekerja, dengan bekerja kita bisa mewujutkan impian kita menjadi nyata,,,

rental mobil di bandung mengatakan...

kita sebagai generasi penerus, tugas kita adalah menjadikan hari esok harus lebih baik dari yang dulu2... mencontoh sifat2 gajah mada dan stop dreaming and start action dari skrng juga,, semoga bermanfaat. salam,,,,

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Belajar Bisnis Internet

 

Pengikut

Komentar Terbaru