Selamat datang di blognya Cak Rohman Mojokerto
"(ALLAH) YANG MENCIPTAKAN MATI DAN HIDUP UNTUK MENGUJI KAMU SIAPAKAH DIANTARA KAMU YANG PALING BAIK AMALNYA, ......"(Al-Mulk, 67:2)

15 Okt 2008

Mengkonsumsi Alkohol Bikin Pikun!

Dari sebuah penelitian membuktikan bahwa kebiasaan mengkonsumsi alkohol ternyata tak hanya dapat merusak fungsi hati, tetapi juga dapat mempengaruhi volume otak.

Carol Ann Paul, seorang peneliti dari Wellesley College, Massachusetts, Amerika Serikat dan timnya mengungkap bahwa alkohol bisa menjadi sangat berbahaya bagi kesehatan otak. Volume otak manusia memang akan menyusut seiring dengan bertambahnya umur. Penyusutan itu kemudian mengakibatkan beberapa kelainan, misalnya demensia (kepikunan) serta gangguan kognitif yang lain.

Namun sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengkonsumsi alkohol akan mengalami penyusutan otak lebih cepat dan memiliki volume otak yang lebih kecil dibandingkan orang-orang yang tak mengkonsumsi alkohol. Tulisan ini saya kutip dari detikhot.com

Penelitian tersebut mengambil sample sebanyak 1.839 perempuan dan laki-laki. Mereka semua melakukan CT scan, kemudian para peneliti mengkelompokkan mereka sesuai dengan volume otak mereka. Mereka yang mengalami penyusutan volume otak drastis adalah para pengkonsumsi alkohol. Dan yang perlu diperhatikan, jumlah perempuan pengkonsumsi alkohol yang mengalami penyusutan volume otak lebih banyak ketimbang laki-laki.

Ini adalah sebuah cermin dan pelajaran yang bagus bagi kita. Masih banyak aktifitas dan jalan hidup yang bisa kita lalui dengan cara yang baik. Kebahagiaan bisa diraih dimana saja tanpa harus melibatkan diri dengan Alkohol. Masyarakat beralkohol adalah masyarakat kelas dua. Agama sudah membantu kita menjadikan manusia mulya dan bermartabat serta berkualitas secara fisik dan rohani. Jadi, tidak salah jika kita meninggalkan sesuatu yang telah kita pahami akan keburukannya. Amin

1 komentar:

haryoshi mengatakan...

thanks for this information.

visit me ok...
fmipa unand

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Belajar Bisnis Internet

 

Pengikut

Komentar Terbaru