Selamat datang di blognya Cak Rohman Mojokerto
"(ALLAH) YANG MENCIPTAKAN MATI DAN HIDUP UNTUK MENGUJI KAMU SIAPAKAH DIANTARA KAMU YANG PALING BAIK AMALNYA, ......"(Al-Mulk, 67:2)

6 Mar 2008

Onde-onde, dimana dikau ?

Ketemu dengan temen-temen dari luar kota, kebanyakan mereka menanyakan tentang khas mojokerto yaitu onde-onde. Mungkin mereka tahu dari sejarah bukan dari realita, bisa jadi juga dari sekedar cerita untuk buah bibir etika tegur-sapa. Padahal aku juga bingung, seperti di mojosari-mojokerto sendiri sebenarnya onde-onde juga tidak mudah di dapatkan sewaktu-waktu dan tak pikir sama saja seperti daerah-daerah yang lain yang kalau di pasar mestinya ada Cuma bukan menjadi trend daerah , tapi hanya sekedar komoditi makanan pasar. Jadi, kadang kalau mereka meminta bawa oleh-oleh, saya belikan aja di perjalanan seperti di bis yang kadang juga ada.

Pengalaman, biasanya di sekitar tempatku kalau ada orang lagi punya gawe dan ingin menyajikan hidangan kue onde-onde, tingal pesan ke orang yang terkenal special buat onde-onde, tapi dia bukan pedagang, hanya specialis terima pesanan.
Kabarnya juga di daerah Mojokerto kota ada toko khusus penyedia kue ini, tapi cuma satu. Lantas dimana onde-onde itu..? untuk temen-temen yang tahu lengkap tentang informasinya silahkan kabarkan kepada saya lewat email, comment, atau bersuaralah di shoutbox. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi yang lain.

Selamat untuk kota mojokerto yang merayakan ulang tahunnya kemarin dengan mengadakan kegiatan festival goreng onde-onde. Memang identitas itu sebenarnya bukan dimiliki kota atau kabupaten tapi oleh seluruh warga. Jadi siapapun yang berjasa terhadap daerah ini, harus kita kasih dukungan. Betul..?. Maju terus kuliner mojokerto. Salam

6 komentar:

lisno mengatakan...

onde-onde yang terkenal itu bo liem di jalan niaga. Onde-onde di Mojokerto itu susah ditemukan di tempat2 yang strategis. Coba onde2 bo liem membuka agen di stasiun mojokerto dan terminal mojokerto wah pasti itu memudahkan orang mencari oleh-oleh. Bahkan sangat bagus kok dibuat franchise sehingga saya mudah untuk mendapatkannya di daerah-daerah lain.

thanks

toni ahmad mengatakan...

jadi teringat waktu di pesantren Tabak Beras... setiap dari kampung selalu ditanyain 'onde-ondenya mana?'
yang jelas, onde2 dulunya memang khas mojokerto kota, tapi sekarang mungkin cuma Bo liem saja yg exist

Anonim mengatakan...

Emang bener.... one-onde Mojokerto yang terkenal tapi sulit dicari di Mojokerto sendiri.

Awal mulanya ya dari onde-onde bikinan keluarga Bo Liem yang berada di Jl Niaga sekarang Bo Liem sendiri sudah meninggal dan diteruskan oleh anak-anaknya. akhirnya banyak toko Onde-onde Keluarga Bo Liem, ada yang di Jl Gajah Mada depan GOR & Seni Mojopahit, masih di Jl gajah Mada dekat perempatan Sekarsari, ada lagi di utara pertigaan Jl Gajah Mada dan Jl Taman Siswa, ada juga di Jl Residen pamuji.

lasmojo mengatakan...

kalau mau cari onde-onde yang benar-benar berkualitas maka cari aja di daerah pedesaan, soalnya rasa dan kualitas betul2 asli mojokerto. kalau mau cari, aq kasih alamatnya, di daerah kec Dlanggu, desa Pohkecik, dusun Pohkecik atau deket rumahku.

Anonim mengatakan...

Minta maaf kepada seluruh penggemar makanan khas kota Mojokerto yaitu "Onde-Onde" karena sulit mencarinya.
Kami informasikan untuk mendapatkannya ada di :
Onde-Onde & Keciput
"PUTRI BOLIEM"
Jl. Gajah Mada 136A, Mojokerto

Disana anda dapat mecicipi Onde-Onde resep kuno dengan beberapa rasa baru : Original, Coklat & Keju
Kalau ada pertanyaan silakan kirim e-mail di :
putri_boliem@yahoo.com
atau dapat langsung datang ke alamat diatas.

Terima kasih untuk perhatiannya.

Berkenalan Dengan Teman Baru mengatakan...

uenak tenan rekkkkkkkk http://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/8.gifhttp://us.i1.yimg.com/us.yimg.com/i/mesg/emoticons7/8.gif

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =))

Posting Komentar

Belajar Bisnis Internet

 

Pengikut

Komentar Terbaru